LAZIS Jateng Kirim relawan Kemanusian ke Lombok, NTB

Home / Uncategorized / LAZIS Jateng Kirim relawan Kemanusian ke Lombok, NTB

Wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat kembali diguncang berkekuatan 7,0 SR pada Ahad (5/8). Kondisi semakin memburuk. setelah gempa yang terjadi beberapa hari sebelumnya. Wilayah terdampak mencapai Mataram dan kawasan Bandara Praya.

Banyak bangunan dan rumah yang roboh. Warga harus mengungsi ke tempat-tempat aman dengan kondisi seadaanya. Bahkan, korban meninggal diperkirakan mencapai 259 orang. Di lokasi bencana, kondisi masih crowded karena kurangnya tenaga relawan yang turun serta bantuan yang kurang merata karena dampak bencana yang cukup luas.

Menanggapi kondisi tersebut, LAZiS Jateng mengirimkan relawan untuk menjalankan misi kemanusian pada Kamis (9/8). Setibanya di NTB, relawan bahkan disambut dengan gempa susulan yang masih sering terjadi. Tim bergegas menuju posko kemanusian yang telah ada untuk turut membantu para pengungsi. LAZiS Jateng menyalurkan bantuan dari para donatur yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dapur umum dan juga kebutuhan pengungsi lainnya. Keesokan harinya, diadakan pembagian sedekah nasi Komunitas Jumat Berbagi LAZiS Jateng untuk para pengungsi.

Salah satu pengungsi dari Penjalin, Lombok Utara, yang bernama¬†Hariyadi mengucapkan rasa terimakasih atas bantuan yang diberikan. “Semoga Allah SWT membalas semua ini, karena kami tidak bisa berbuat apa-apa selain berdoa. Terima kasih,” ucapnya.

Badan Meteorilogi, Klimatologi, dan Geofisika sempat menerangkan bahwa gempa tersebut diprediksi menimbulkan tsunami, namun akhirnya pernyataan tersebut dicabut.

 

Leave a Comment