Sukses! Khitan Ceria untuk Semua oleh Lazis Jateng



LAZIS JATENG – Akhir bulan Desember 2019, Lazis Jateng kembali mengadakan aksi charity dan social project berupa kegiatan Khitan Ceria yang dilaksanakan di beberapa kota di Jawa Tengah. Kegiatan Khitan Ceria Lazis Jateng dilaksanakan serentak pada hari Sabtu dan Ahad, 21-22 Desember 2019 yang dilaksanakan di kota Solo, Grobogan, dan Salatiga dan bekerja sama dengan stakeholder setempat sebagai partner dalam kegiatan charity Khitan Ceria.


Khitan Ceria Lazis Jateng cabang Solo dilaksanakan dengan meriah dan disambut antusias oleh masyarakat setempat yang membutuhkan. Lazis Jateng berkolaborasi dengan Rumah Sakit Yarsis dan kegiatan Khitan Ceria dilaksanakan di RSI Surakarta. Pihak yang terlibat dalam kegiatan Khitan Ceria kali ini berasal dari Dewan Pembina Lazis Jateng, Ust Madi, Wakil Ketua Forsimaj (Forum Silaturahim Antar Masjid Jajar) Hadi Mulyana, dan juga perwakilan dari Rumah Sakit Yarsis. Kegiatan Khitan Ceria di Solo tercatat dihadiri oleh 50 peserta yang antusias mengikutinya, dan acara ini juga dimeriahkan dengan kegiatan mendongeng dan berbagi doorprize. Peserta yang telah mengikuti khitan mendapat bingkisan berupa uang saku dan fasilitas obat serta kontrol gratis.


Berikutnya, kegiatan Khitan Ceria dilaksanakan di Kabupaten Grobogan oleh Lazis Jateng yang bekerja sama dengan DPD PPNI dan dilaksanakan di gedung PPNI Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Khitan Ceria Lazis Jateng cabang Grobogan dihadiri oleh 20 orang peserta yang berasal dari beberapa kecamatan seperti Godong, Purwodadi, Geyer, Getas, Kuripan, Karangrayung, Gubug, Tegowanu,Curug, dan Brati. Seluruh peserta Khitan Ceria tercatan merupakan anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan, dan setelah kegiatan Khitan Ceria, seluruh peserta mendapat bingkisan berupa sarung, peci, uang saku, dan peralatan sekolah.
“Kegiatan ini bisa berjalan lancar berkat beberapa sponsor yang ikut serta memberi support untuk kegiatan ini, diantaranya KPPN Purwodadi, KSP Cendrawasih Purwodadi, Mobilix Cell, donatur dan para relawan”, ujar Sholeh selaku Pimpinan Cabang Lazis Jateng Kabupaten Grobogan.


Terakhir, kegiatan Khitan Ceria Lazis Jateng dilaksanakan di Kabupaten Salatiga pada hari Ahad, 22 Desember 2019. Lazis Jateng bekerja sama dengan Batalyon Infantri (Yonif) Mekanis Raider 411/Pandawa Salatiga, dan kegiatan Khitan Ceria dilaksanakan di markas Yonif 411/Pandawa, Jalan Veteran, Salatiga. Berbeda dengan kegiatan Khitan Ceria di dua kota lainnya, yang menarik dari kegiatan Khitan Ceria di Salatiga adalah, para peserta diajak berkeliling naik kendaraan tempur TNI, diperlihatkan teknik rapling (meluncur dari tower dengan menggunakan tali) dan snapling yang diperagakan oleh personel Yonif 411/Pandawa.
“Peragaan personel TNI ini bertujuan untuk membangun jiwa pemberani pada peserta khitan ceria. Mereka juga diharapkan mendapat pengalaman sebagai bekal mereka, meraih cita-cita dimasa depan”, ujar Irfai selaku pimpinan Cabang Lazis Jateng Salatiga.


Pelaksanaan Khitan Ceria sukses dilaksanakan dan menjadi manfaat untuk masyarakat setempat yang membutuhkan khitan gratis bagi anak-anak mereka. Khitan Ceria dilaksanakan oleh Lazis Jateng yang bekerjasama dengan pihak terkait sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap sesama, serta memberikan manfaat untuk masyarakat khususnya anak laki-laki untuk menggugurkan salah satu kewajibannya yaitu berkhitan. Selain untuk menjalankan agama, juga sebagai media untuk menyucikan diri serta kepentingan kesehatan.
Dengan terlaksananya Khitan Ceria yang dilaksanakan oleh Lazis Jateng, semoga kedepannya Lazis Jateng tetap dapat berkomitmen dan senantiasa berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan charity dalam berbagai bentuk kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *