Reaksi Cepat Banjir Grobogan

LAZIS JATENG – Pekan lalu, wilayah Grobogan dan sekitarnya terkena bencana banjir yang disebabkan oleh curah hujan tinggi. Hari Ahad, 12 Januari 2020 Lazis Jateng cabang Grobogan mengadakan penanganan dampak banjir di beberapa kecamatan di wilayah Grobogan. Salah satu kecamatan terdampak adalah dusun Gayas RT 3 dan 4, desa Ringinharjo, kecamatan Gubug yang merupakan salah satu daerah yang masih minim bantuan dari Lazis Jateng.

Selain curah hujan yang tinggi, banjir disebabkan oleh jebolnya tanggul sungai Tuntang di Desa Trimulyo Demak yang berbatasan langsung dengan Desa Ringinharjo pada tanggal 8 Januari 2020. Tanggul yang jebol membuat sungai yang lebarnya 20 meter itu langsung menggenangi dusun Gayas desa Ringinharjo dengan ketinggian mencapai 60 cm.

“Kejadiannya sekitar pukul 10.00, lumayan banyak rumah yang kena. Sawah-sawah juga banyak yang bajir. Selain dusun Gayas dan sekitarnya, di desa Ringinharjo sekitar 10 hektar sawah terendam air mengakibatkan gagal panen, sehingga harus panen dini daripada nanti busuk dan tidak bisa dipanen petani sekitar”, tutur Nur Edi (35), salah satu warga yang terdampak banjir.

Tim relawan Lazis Jateng bekerja sama dengan pihak terkait untuk mengadakan bakti sosial berupa pelayanan kesehatan gratis untuk warga yang terdampak banjir. Tim relawan menerjunkan tim kesehatan yang terdiri dari 2 dokter, 1 perawat, dan 1 apoteker, serta melayani 73 warga terdampak yang sebagian besar mengeluhkan kecapekan, gatal-gatal, sakit perut, dll.

Selain tim kesehatan, tim relawan Lazis Jateng menyalurkan bantuan berupa paket sembako sebanyak 150 paket, dan turut membantu warga terdampak untuk mengadakan bersih-bersih masjid agar bisa digunakan kembali dengan baik. Selain itu, tim relawan juga mengadakan aksi trauma healing untuk anak-anak yang terdampak banjir dengan mengadakan kegiatan bermain dan mendongeng yang diikuti oleh 70 anak-anak dengan antusias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *