LAZIS JATENG SRAGEN BAGIKAN 849 PAKET DAGING KURBAN DAN OLAHAN DAGING SIAP SANTAP

Jumat (31/7), Lazis Jateng Kantor Layanan Kabupaten Sragen mulai mendistribusikan hewan kurban ke daerah minus kurban dan pelosok desa. Lazis Jateng menyalurkan 22 ekor kambing dan 1 ekor sapi. Daerah penyaluran tersebut antara lain: Gesi, Gondang, Sragen, Kedawung, Sumberlawang, dan Nglorog. Daging kurban tersebut disalurkan kepada 849 penerima manfaat. 280 paket disalurkan di Sumberlawang, 105 paket di Kedawung, dan 464 paket disalurkan di Gesi, Gondang, Sragen, dan Nglorog.

Hewan kurban tersebut disembelih dan disalurkan pada hari Tasyrik, yaitu 10-13 Dzulhijah 1441 H. 23 hewan kurban tersebut disalurkan ke beberapa titik, di antaranya: 3 ekor kambing disembelih di Sumberlawang, 9 ekor kambing disembelih di Nglorog dan Sragen, 10 ekor kambing disembelih di Sragen, Gesi, dan Gondang, serta 1 ekor sapi disembelih di Kedawung.

Daging sembelihan hewan kurban tersebut disalurkan dalam bentuk daging mentah dan paket nasi dengan olahan daging siap santap yang diolah di dapur umum Sumberlawang dan Kedawung. Lazis Jateng telah bekerja sama dengan Dapur LBM Al Falah. Kerja sama ini telah terjalin sebelum bulan Dzulhijah. Para relawan memasak paket nasi untuk dibagikan pada saat kegiatan Jumat Berbagi.

Ahad (2/8), penyembelihan dilakukan di salah satu titik penyaluran, yaitu di Kelurahan Bendungan Kecamatan Kedawung. Mereka mengaku bahwa pada tahun sebelumnya sedikit hewan kurban yang dapat disembelih. Pernah, suatu ketika hanya menyembelih seekor kambing sebagai hewan kurban yang diperuntukkan 105 KK. Oleh karena itulah, Lazis Jateng pada tahun ini menyalurkan hewan kurban di tempat tersebut.

Senin (3/8), di hari tasyrik terakhir, Lazis Jateng mendapatkan seekor  kambing dari donatur. Lazis Jateng segera melakukan penyembelihan.  Sumberlawang dijadikan sebagai titik penyembelihan. Daging hewan kurban diolah dan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Agus Syukron, Kepala Desa Bendungan mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasih pada kesempatan tersebut. “Terima kasih kepada para pekurban dan Lazis Jateng yang sudah menyalurkan hewan kurbannya di daerah kami, karena termasuk daerah yang membutuhkan hewan kurban. Semoga ibadah kurban para pekurban diterima oleh Allah Swt,” paparnya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *