Sulit Air Wudhu, LAZiS Jateng Bantu Pipanisasi Masjid Darussalam

KEBUMEN.LAZiS Jateng Online – Rabu (14/10) LAZiS Jateng Cabang Kebumen mengadakan program Pipanisasi untuk membantu memenuhi kebutuhan air wudhu Masjid Darussalam RT 3 RW 3, Desa Giritirto, Kecamatan Karanggayam, Kebumen. Aparat Desa Giritirto, Babinsa TNI, dan warga sekitar turut andil dalam pengerjaan pipanisasi. Aktivitas ini dilaporkan oleh Lukman, tim penyaluran LAZiS Jateng Cabang Kebumen.“Masjid Darussalam merupakan masjid wakaf yang terletak di daerah pegunungan. Karena lokasi ini, membuat debit air di sumur masjid hanya sedikit.

Pahala amal jariyah semua donatur insya Allah akan mengalir setiap saat,” pungkasnya.Sementara itu, di lokasi pengerjaan pipanisasi Kyai Ahmad Timan, pengasuh Masjid Darussalam, menyampaikan terima kasihnya kepada donatur dan tim LAZiS Jateng.“Alhamdulillah dengan adanya bantuan Program Pipanisasi oleh LAZiS Jateng warga sudah bisa mendapatkan air wudhu sehingga lebih nyaman untuk beribadah. Masjid jadi ramai lagi.” tambah Kyai Ahmad Timan.

Apalagi memasuki musim kemarau, maka sumur tersebut kering kerontang,” ungkap Lukman yang sebelumnya telah melakukan assessment bersama tim di daerah tersebut.Lukman menambahkan bahwa ada secercah harapan untuk mengalirkan air ke masjid, yaitu dari dua sumber mata air yang berlokasi di bukit Kali Bayi di bawah hutan pinus. Jaraknya sekitar 1000 meter. Mata air itu belum pernah kering saat kemarau.

Kemudian di hari Rabu pipanisasi dilakukan secara gotong royong bersama warga. Pengerjaan membutuhkan waktu satu hari. “Sekarang air sudah mengalir sampai ke Masjid Darussalam. Manfaat jangka panjang dari pengadaan pipa ini bisa dirasakan setiap saat, baik untuk kegiatan ibadah atau pun untuk aktifitas MCK warga sekitar masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *