LAZiS Jateng Luncurkan Gerakan Lumbung Pangan Melalui Program Warung Sedekah

KENDAL.LAZiS Jateng Online– Bertempat di Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, LAZiS Jateng meluncurkan gerakan lumbung pangan melalui program warung sedekah pada Jumat (23/10). Program ini diluncurkan sebagai bentuk dukungan bagi para petani dan masyarakat terdampak covid 19. Hal tersebut berdasarkan informasi dari Direktur Eksekutif LAZiS Jateng Doso Sutrisno pada tim humas.

“Warung sedekah ini berisi sayur mayur yang diambil langsung dari petani dan pemuda Argotera Desa Gondang. Setelah peresmian rencananya 300 paket sayur ini akan dibagikan ke Semarang. Sedang di hari yang sama peluncuran juga dilakukan di Sragen. Sayur mayur di Warung Sedekah Sragen diambil dari petani Tawangmangu dan dibagikan ke Dusun Butuh RT 6, Desa Gedongan Kecamatan Plupuh, Sragen untuk 81 warga setempat”, ungkapnya.

Selanjutnya, Doso Sutrisno menyampaikan dalam sambutannya bahwa melalui program ini LAZiS Jateng ingin menyatukan dua mustahik yakni petani yang terkena dampak covid 19 dan masyarakat yang kesulitan memenuhi kebutuhan dapurnya.

“Warung Sedekah ini nanti akan hadir di 15 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Spirit yang dibawa dalam gerakan ini adalah “Panen Kebaikan dengan Sedekah Terbaik”. Melalui gerakan ini kami mengajak seluruh masyarakat khusunya di Jawa Tengah untuk bersama-sama lebih peduli terhadap petani Indonesia sebagai garda depan ketahanan pangan bangsa ini, sekaligus peduli terhadap masyarakat yang terdampak covid 19 dengan cara menyalurkan sedekah terbaik.,” ujarnya.

Sementara, Kepala PPSDM Kendal Suryani Dwi Lestari menyampaikan apresiasinya kepada LAZiS Jateng atas program ini. “Harapan kami LAZiS Jateng semakin berkembang dan memiliki program yang lebih kompleks lagi serta semakin banyak memberdayakan diri untuk masyarakat,” pungkas Suryani saat diwawancarai oleh tim humas.

Di lokasi penyaluran, Wagiyem (63) warga Desa Gedongan mengaku senang dengan adanya program ini. “Alhamdulillah lega karena tidak perlu beli sayuran untuk hari ini”, ujar Warga yang kesehariannya berprofesi sebagai buruh tani ini.

Acara ini diresmikan langsung oleh Direktur Eksekutif LAZiS Jateng, Kepala Dinas PPSDM (Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia) Kendal, Kepala Desa Gondang, Kepala Dusun serta Ketua RT 02 Gondang, Limbangan, Kendal. Pada peluncuran ini setidaknya membantu 5 komoditas pertanian dan pemuda Argotera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *