Peduli Tanggul Jebol Mangkang Wetan, LAZiS Jateng Salurkan Air Bersih dan Makanan

SEMARANG.LAZiS Jateng Online–Praptami Susilowati, tim penyaluran cabang Kota Semarang melaporkan, LAZiS Jateng menyalurkan bantuan air bersih dan makanan untuk korban tanggul jebol di Mangkang Wetan, Semarang. Informasi ini diterima redaksi pada Sabtu (5/12).

“Rabu tengah malam (2/12), warga Kelurahan Mangkang Wetan dikagetkan dengan suara keras dari arah belakang rumah. Setelah diperiksa ternyata tanggul yang terbuat dari tumpukan karung berisi tanah dan difungsikan sebagai penahan debit air agar tidak meluap telah jebol hingga mengenai rumah warga. Kami kemudian menyalurkan satu tangki air bersih di hari Kamis (3/12) dan menyalurkan makanan di hari setelahnya (4/12),” terang amil muda yang akrab disapa Tami tersebut.

Tami menambahkan, air yang bercampur lumpur dari tanggul tersebut deras memasuki rumah warga hingga setinggi 1,5 Meter. Kurang lebih lima rumah dan satu mushola terdampak serta satu rumah yang mengalami kerusakan parah.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini karena saat air masuk warga segera berlari ke area lebih tinggi. Kerugian harta benda juga dialami warga karena tidak sempat untuk menyelematkan barang-barang mereka,” tuturnya.

Salah seorang warga terdampak kejadian ini, Senur mengatakan, “Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan yang diberikan. Bagi kami yang penting nyawanya selamat Mbak, rumah dan barang barang urusan belakangan. Rutinan ini Mbak tiap musim hujan pasti terjadi,” ungkapnya saat menerima bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *