Skip to content

Terdampak Banjir, LAZiS Jateng dan Lazis Bina Insan Bantu Santri RSP Maunatul Mubarok

Waktu Baca: 2 menit

DEMAK.LAZiS Jateng Online–Rabu (17/2) sore, LAZiS Jateng dan Lazis Bina Insan menyalurkan sejumlah batuan sembako ke PRS Maudatul Mubarok yang terdampak banjir. Lokasi penyaluran ini berada di Dukuh Lengkong, Desa Sayung, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Laporan tersebut dihimpun langsung oleh Muliasari, relawan yang berada di lokasi.

“Alhamdulillah hari ini kami menyalurkan bantuan dari donatur yang terdiri dari sembako dan alat kebersihan untuk santri PRS Maudatul Mubarok yang terdampak banjir, sebagai bentuk aksi peduli bencana,” jelas Muliasari.

Selanjutnya, relawan muda ini menambahkan dalam penjelasan, PRS Maudatul Mubarok adalah Lembaga rehabilitasi gangguan jiwa dan pengguna NaPZa. Disini ditampung 118 pasien, atau yang akrab disebut santri. 118 pasien terdiri dari 103 orang dengan gangguan jiwa dan 15 orang yang sedang menjalani rehabilitasi NaPZa. Seluruh santri yang ada di PRS Muadatul Mubarok datang dari seluruh Indonesia. Kedatangan mereka diantar keluarga melalui jalur air, darat dan udara. Selain itu terdapat pula santri ODGJ yang terjaring sweeping yang dilakukan oleh pengurus setiap Jumatnya. Rentang usia santri dari usia 18-64 tahun.

“Di lembaga ini para santri mendapatkan terapi zikir dan ruqiyah sebagai ikhtiar penyembuhan mereka, selain itu terdapat pula para tenaga ahli dan petugas yang mengurus santri sehari hari,” tambahnya.

Muhammad Shodikin, salah satu terapis PRS Maudatul Mubarok mengatakan, saat banjir merendam kawasan sekitar Pusat Rehabilitasi, pengurus kesulitan mengevakuasi santri sehingga santri hanya diungsikan dilantai dua bangunan PRS. Banjir yang selama 13 hari melanda daerah Sayung Tempe turut melanda PRS Maudatul Mubarok sedalam satu meter. Ia menceritakan, banjir kali ini disebabkan curah hujan yang tinggi dan menyebabkan tanggul Dombo Sayung jebol.

“Seluruh santri disini tetap kita penuhi kebutuhan nya di tengah banjir walaupun harus diungsikan ke lantai dua bangunan karena lantai satu terendam banjir. Santri yang kooperatif kita berdayakan untuk evakuasi dan distribusi bantuan dari donatur. Terimakasih LAZiS Jateng dan Lazis Bina Insan atas bantuannya. Semoga berkah, dan diberikan kesehatan untuk keluarga, baik keluarga di pekerjaan maupun dirumah,” pungkasnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Baca Lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *