Skip to content

MELALUI BAZNAS DAN FOZ JATENG, LAZIS JATENG SALURKAN BANTUAN UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK BANJIR DI JAWA TENGAH

Waktu Baca: 2 menit

Semarang — Dalam rangka merespon musibah banjir di Jawa Tengah, LAZiS Jateng melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum Zakat (FOZ) Jawa Tengah menyalurkan bantuan kepada korban terdampak di Demak, Kudus, dan Grobogan, Jawa Tengah pada Sabtu (17/2/2024).

Penyerahan bantuan secara simbolis ini turut dihadiri oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kemenag, Waryono Abdul Ghafur, Bupati Demak Eisti’anah, dan Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Darodji.

Waryono berharap, bantuan tersebut dapat mempercepat penanganan terhadap korban terdampak. Ia mengungkapkan, pihaknya juga telah melakukan pemetaan kebutuhan dan pembagian tugas, agar bantuan dapat diberikan secara merata dan tepat sasaran.

“Kita sudah memetakan kebutuhan dan daerah-daerah terdampak. Kita (Kemenag, BAZNAS, dan LAZ) juga membagi tugas, sehingga masyarakat terbantu secara merata dan tepat sasaran,” jelasnya.

Bantuan pangan yang diberikan meliputi sebanyak 20 ton beras, serta berbagai jenis lauk. Untuk kebutuhan pakaian, ia menargetkan jumlah minimal untuk perangkat salat, sarung sebanyak 50 kodi, kaos sebanyak 30 kodi, mukena sebanyak 40 kodi, pembalut sebanyak 200 bal, pakaian dalam dewasa perempuan sebanyak 100 lusin, dan 200 selimut.

Selain itu, sambungnya, kebutuhan akan alat mandi, minuman, dan pembersih lantai telah dipersiapkan oleh PT Unilever. Sedangkan untuk kebutuhan obat-obatan, disiapkan obat-obat warung dan minyak telon.

Waryono juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap korban. Ia berharap, kehadiran Kemenag, BAZNAS, dan LAZ dapat membangun optimisme masyarakat menjelang Ramadan.

Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Darodji menyoroti pentingnya koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia untuk memastikan distribusi bantuan berjalan lancar. “Diharapkan, kita bisa berkoordinasi dengan BPBD dan Palang Merah Indonesia dalam pendistribusian bantuan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Program LAZiS Jateng, Bagas Leksono menyampaikan bahwa LAZiS Jateng terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi, khususnya dalam membantu masyarakat dalam penanganan kebencanaan seperti yang terjadi di Demak dan sekitarnya.

“Alhamdulillah sejak hari pertama kita terus berkoordinasi, mengajak para donatur atau pun mitra dan memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir di sana dengan menerjunkan relawan,” ujar Bagas.

Bagas juga mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan berbagai aksi untuk membantu penyintas baik di Demak maupun Grobogan. Seperti mendirikan dapur umum & posko kemanusiaan, proses evakuasi korban, distribusi ribuan paket makanan & minuman siap saji, sembako, pembersihan fasilitas umum dan sebagainya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Baca Lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *