Skip to content

Sedekah Tiap Hari Itu Tidak Berat

Pengertian Zakat, Infak dan Sedekah. Simak Perbedaannya!
Ilustrasi Sedekah (Foto: Sinar Harian)
Waktu Baca: 2 menit

Sahabat, setiap hari, kita seharusnya bersedekah. Dengan apa? Tidak melulu dengan harta benda, senyum pun adalah sedekah. Demikianlah indahnya Islam.

Selain senyum, sapaan atau untaian kalimat yang thayyib (kalimat yang baik) juga sedekah. Beberapa kalimat thayib di sisi Allah, seperti bacaan tasbih, takbir, dan tahlil. Ada juga thayib di sisi manusia dengan berakhlak yang baik. Semua itu termasuk sedekah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah..” (HR. Bukhari dan Muslim) [HR. Bukhari, no. 2989 dan Muslim, no. 1009]

Terdapat hadits dalam Shahih Muslim bahwa tubuh kita ini memiliki tiga ratus enam puluh persendian.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki tiga ratus enam puluh persendian.” (HR Muslim, no 1007)

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit” bermakna setiap hari diwajibkan bagi anggota tubuh kita untuk bersedekah. Yaitu diwajibkan bagi setiap persendian kita untuk bersedekah.

Akan tetapi dengan nikmat Allah, sedekah ini adalah umum untuk semua bentuk qurbah (pendekatan diri pada Allah). Setiap bentuk pendekatan diri kepada Allah adalah termasuk sedekah. Berarti hal ini tidaklah sulit bagi setiap orang. Karena setiap orang selama dia menyukai untuk melaksanakan suatu qurbah (pendekatan diri pada Allah) maka itu akan menjadi sedekah baginya.

Dikutip dari indonesiainside.id  kalimat thayib berupa bacaan tasbih, takbir, tahlil, dan akhlak yang baik, semuanya termasuk sedekah. Bahkan, setiap langkah menuju shalat adalah sedekah baik jarak yang jauh maupun dekat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim no. 1553) 

MasyaAllah, Islam itu begitu indah ya, Sahabat. Melakukan kebaikan pun inshaAllah dihitung sebagai sedekah. Apalagi kalau sedekah yang kita lakukan bisa bahagiakan orang-orang sekitar, seperti sedekah berupa materi. InshaAllah nilainya bakal lebih besar di mata Allah.

Nah, buruan yuk manfaatin nikmat ini dengan sedekah sebaik yang kita bisa. Sahabat bisa ikut bahagiakan sesama dengan sedekah bersama kami lewat :

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Baca Lainnya

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *