TENTANG KAMI

Sejarah, Perjalanan dan Kepengurusan Lazis Jateng

VISI

Menjadi LAZ Terpercaya dan Terdepan dalam Melayani Umat

MISI

  • Menciptakan sistem manajerial kelembagaan yang amanah, profesional, inovatif dan akuntabel dengan standar manajemen internasional
  • Membangun jaringan nasional dan internasional dalam penghimpunan dan pendayagunaan dana ummat.
  • Membangun asset-asset ummat dalam sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan berbasis syariah
  • Peningkatan kualitas sumber daya amilin secara periodik dengan standar kompetensi amil internasional
  • Melahirkan pemimpin muda muslim yang tangguh dan berwawasan global

SEJARAH LAZIS JATENG

LAZIS Jateng didirikan untuk berkhidmat pada dakwah Islam.Teruslah bersinergi dengan aktivitas dakwah. Bantulah para Dai, ekonominya, Pendidikan anak-anaknya, pemeliharaan kesehatannya. Insya Allah berkah

Sejarah pendirian LAZIS Jateng sangat erat kaitannya dengan aktivitas dakwah Islamiyah yang dilakukan kaum muslimin di Jawa Tengah. Kewajiban LAZIS Jateng adalah membangun TOTALITAS, SINERGI & KOLABORASI seluruh elemen dakwah dalam hal optimalisasi penghimpunan dan pemberdayaan dana zakat, infaq, sedekah, dana sosial kemanusiaan dan wakaf.

Dengan demikian, LAZIS Jateng harus dapat menjadi mitra strategis dalam penghimpunan dan penyaluran/ pemberdayaan dana zakat, infaq, sedekah, dana sosial kemanusiaan dan wakaf di Jawa Tengah, khususnya Sekolah Islam, Biro Travel dan Haji, HRD dan unit Bimbingan Kerohanian Islam di korporat, Lembaga Keuangan Syariah, Takmir Masjid /Musholla, Majelis Taklim, Pesantren/Panti, rumah Sakit/klinik yang tim medis dan karyawannya mayoritas Islam.

Dalam Hal penyaluran dan pemberdayaan, tentu LAZIS Jateng harus mendahulukan dan bersinergi dengan simpul-simpul kebangkitan umat baik bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan dakwah dengan tetap memperhatikan kelompok 8 ashnaf penerima manfaat dana (zakat).

TRANSFORMASI LAZIS JATENG

TAHUN 2000

Keberadaan LAZiS Jateng dimulai sejak tanggal 12 Oktober 2000 saat diadakannya seminar UU Zakat dan pajak yang menghadirkan Dirjen Pajak dan BAZNAS. Diresmikan dengan SK Notaris RA Cheriah Bahrudin Suryobroto, SH tanggal 6 Maret 2001 dengan nama LAZiS (Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Surakarta) di bawah naungan Yayasan Al Ihsan Surakarta. Mendapatkan rekomendasi dari Departemen Agama Kota Surakarta untuk dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) pada tanggal 23 Januari 2002

TAHUN 2007

Tahun 2007 meluaskan wilayahnya untuk area Jawa Tengah dengan akta pendirian Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah oleh Notaris Ida Widiyanti di Semarang tanggal 1 Agustus 2007 dan Akta Badan Hukum Yayasan Al Ihsan Jawa Tengah dari DEPKUMHAM RI No.328.HT.01.02.tahun 2007 dan berubah menjadi LAZiS Jateng. LAZIS Jateng juga merupakan gabungan beberapa LAZ/Lembaga Amil Zakat di Semarang, Magelang, dan Solo.

TAHUN 2015

Tahun 2015 melakukan transformasi brand sebagai bentuk keseriusannya dalam pengelolaan dana ZIS agar semakin profesional dan amanah.

MANAJEMEN

Rouf, S.Si

Pembina

Didin Pathudin, S.Si

Direktur Penyaluran dan Pendayagunaan

Arif Nurhayadi, SP

Ketua Yayasan

Agus Setiawan

Direktur Penghimpunan

Edy Faozaeni, SE.Ak

Pengawas Syariah

Nur Akhmad, S.Pdi

Direktur Operasional

Doso Sutrisno, S.Pd

Direktur Eksekutif

Solar Power
Wind
Water
+ 0 %
Efficiency
50 %
Less consumption